.quickedit{display:none;}

'Set Plan Watertreatment' Sederhana

Jumpa lagi dengan SketchUp, kali ini aku mau berbagi tentang watertreatment ni.. meski sebenarnya bukan watertreatment yang sungguhan, di sini yang ditekankan adalah bagian filtrasinya.

Kita mulai belajarnya ...

Filtrasi memiliki pengertian pembersihan partikel padat dari suatu fluida dengan melewatkannya pada medium penyaringan, atau septum, yang di atasnya padatan akan terendapkan. atau bisa juga dibilang penyaringan. 
 Pengolahan dengan menggunakan metode filtrasi atau penyaringan merupakan metode fisik yang dilakukan dalam mengolah air sebagai air minum. Proses filtrasi ini cara kerjanya bisa dipengaruhi oleh gravitasi ataupun tenaga putar. Ada beberapa jenis filtrasi yang digunakan dalam pengolahan air untuk air minum. Proses filtrasi dibagi menjadi beberapa jenis yaitu filter pasir lambat, filter pasir cepat, filter karbon aktif dan filter karbon membrane

Berdasarkan kecepatan penyaringan, filtrasi dibagi menjadi dua yaitu :
11.   Slow Sand Filter (Saringan Pasir Lambat)
Filtrasi dengan metode Slow Sand Filter merupakan penyaringan partikel yang tidak didahului oleh proses pengolahan kimiawi (koagulasi). Kecepatan aliran dalam media pasir ini kecil karena ukuran media pasir lebih kecil. Saringan pasir lambat lebih menyerupai penyaringan air secara alami.
12.   Rapid Sand Filter (Saringan Pasir Cepat)
         Proses filtrasi dengan cara ini merupakan jenis unti filtrasi yang mampu menghasilkan debit air yang lebih banyak, namun kurang efektif untuk mengatasi bau dan rasa yang ada pada air yang disaring. Debit air yang cepat tersebut menyebabkan lapisan bakteri yang berguna untuk menghilangkan patogen namun membutuhkan proses desinfeksi yang lebih intensif. Arah aliran airnya dari bawah ke atas. Pada proses ini umumnya melakukan backwash atau pencucian saringan tanpa membongkar keseluruhan saringan.
Media yang digunakan untuk proses Rapid Sand Filter tersusun dari pasir silica alami, anthrasit, atau pasir garnet yang memiliki variasi ukuran, bentuk dan komposisi kimia.
Sekilas tentang apa itu filtrasi. Sekarang kita menuju ke bagian-bagiannya dari filtrasi. Untuk melakukan penyaringan media yang digunakan adalah bak filtrasi. dan ini lah bagian dari bak filtrasi tersebut. 

Gb. Fitting untuk Pipa

Setelah kita membuat fitting, lalu membuat pipa. dan letakkan fitting pada pipa dengan pas dan sesuai. karena cukup sulit dibagian ini, harus bersabar ya :)


Gb. Pipa yang akan dipasangi fitting (example)


Gb. Pipa dan Fitting yang sebenarnya akan digunakan.

setelah iti kita membuat bak filtrasinya dan pipa yang ada didalamnya. 




Gb. Bak Kosong



Gb. Pipa untuk Bak

setelah itu kita isi baknya dengan susunan filtrasinya. 




Gb. Detail Filtrasi. bisa disesuaikan dengan kebutuhan.



Gb. setelah itu satukan antara bak, filtrasi, dan pipa-pipanya. lalu buatlah menjadi component .

Setelah Bak Filtrasi selesai, mari kita berimajinasi dalam pembuatan set plan untuk watertreatmentnya ... 


Gb. Tampak Depan




Gb. Tampak Atas


Gb. Tampak atas kanan


Gb. Tampak Belakang



Gb. Tampak Samping Kanan


Gb. Tampak Samping Kiri




Gb. Taman Depan 



Gb. Bak Filtrasi setelah di tata :)


Gb. Reservoir super besar, hehe


Gb. Watertreatment sederhana



Gb. Kantor


Gb. Parkiran 


Gb. Gerbang atau pintu masuk. narsis sedikit bolehkan :D


Gb. Akses jalan menuju PT Vhii Watertreatment


Gb. Pos Satpam. maaf ya pak satpam tempatnya kecil. hehe




itulah sedikit imajinasiku, meski aku tau itu terbilang biasa saja. but yang penting ini buatanku sendiri, usaha sendiri dengan susah payahnya. hehe
oke,, sampai berjumpa pada latihan selanjutnya. 

Doakan saya untuk fokus ujian, dan bisa mendapatkan yang terbaik yah... 
Terima Kasih :)










0 komentar:

Poskan Komentar

Supported by seowaps